Senin, 29 Oktober 2012

Cara Membangkitkan Semangat Hidup


Cara Membangkitkan Semangat Hidup

            Semangat adalah suluh dalam perjalanan hidup manusia. Ketika menghadapi masalah terberat, stress atau depresi, sebagian dari diri kita akan terasa hampa. Bagian itulah yang mengendalikan semangat, yang harus dipulihkan terlebih dulu. Kita bisa saja kehilangan impian, kehilangan kesempatan atau peluang. Namun, kita tidak boleh kehilangan semangat yang akan membuat kita tetap melanjutkan hidup.
                Percaya atau tidak, semangat mampu menghidupkan karakter seseorang. Hidup matinya semangat dalam diri kita akan menunjukkan siapa diri kita dan sejauh mana kekuatan diri. Karena itu, seberat apapun masalah yang dihadapi, jangan sampai melumpuhkan semangat .
Ada beberapa cara sederhana untuk tetap mengobarkan semangat di saat kita merasa tertekan.Pertama, jadilah supporter untuk diri sendiri. Menyemangati diri sendiri lebih berarti daripada mengharapkan dukungan orang lain. Layaknya seorang supporter sepakbola, kita pun pantas meneriakkan “aku hebat!”, merasa bangga dengan apa yang sudah dicoba, dan menumbuhkan keinginan untuk menang. Paling tidak menang melawan keterpurukan, stress dan depresi.
Kedua, teriakkan yel-yel semangat ke dalam diri, tunjukkan kasih sayang kepada diri sendiri saat melakukan kesalahan dengan tidak menghakimi dan memvonis diri pecundang atau pembawa masalah, dan berikan pujian kepada diri sendiri ketika berhasil melakukan sesuatu.
Ketiga, berpikir kebalikan. Artinya, mencari sisi positif dari permasalahan atau rasa suntuk yang dihadap, dengan meyakinkan diri bahwa masalah yang dihadapi merupakan ujian bagi kesiapan mental dan kekuatan karakter diri. Hellen Keller menyatakan bahwa karakter tak bisa dibangun dalam suasana tenang dan mudah. Hanya melalui pengalaman hidup penuh cobaan dan penderitaanlah jiwa seseorang menjadi kuat, memiliki cara pandang yang lebih jelas, memiliki keinginan yang lebih berkobar, serta bisa meraih kesuksesan. Intinya, diri kitalah yang bisa mengukur dan memahami tingkat suntuk, jenuh dan stress kita, serta hanya kita yang bisa menentukan cara terbaik untuk memulihkannya.
              Kutipan di atas mungkin saya anggap sebagai shock therapy sekaligus dorongan untuk tetap berfikir positif terhadap hal-hal yang terjadi dalam warna warni kehidupan. So, buat kamu yang merasa lagi down, drop, galau, gundah, stress, whatever lah namanya, semoga cara membangkitkan semangat hidup di bawah ini bermanfaat.

- Bersyukur
Perbanyak bersyukur sambil melihat orang-orang disekitar yang (mungkin) sebenarnya beban kehidupannya lebih berat daripada kamu. Tidur di emperan beralas kardus, baju compang camping, makan entah apa yang di makan, dan terakhir coba lihat diri kamu sendiri. Ternyata sebenarnya kamu jauh lebih baik daripada mereka. Cobalah bersyukur dengan memandang ke bawah, jangan ke atas. Dengan begitu setidaknya kamu akan merasakan kasih sayang Tuhan yang sangat luar biasa.


- Wudhu, sholat, dan memintalah padaNya
Bagi yang muslim, cara di atas dapat benar-benar ampuh untuk merubah hati menjadi sangat damai. Bahkan, terkadang dalam kondisi berserah padaNya secara tidak langsung akan memberikan efek relaks terhadap otak dan kondisi tubuh. Selain itu, percaya atau tidak, terkadang setelah kita beribadah intuisi akan memberikan gambaran tentang ide-ide kecil namun cukup kreatif.

- Bayangkan wajah seseorang yang paling kamu sayangi
Bayangkan orang tua, istri, anak, atau siapalah yang paling kamu sayangi, dan rasakan efeknya. Saya yakin setidaknya ketika itu dalam hati kamu akan melantunkan seuntai doa, untuk orang yang kamu sayangi, juga doa untuk diri sendiri. Sangat manusiawi jika kita sebagai manusia ingin memberikan yang terbaik untuk orang-orang yang kita sayang. Dan kalau rasanya belum bisa kamu berikan, dengan mambayangkannya kamu akan termotivasi untuk segera bangun dan melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik.

- Koreksi dan evaluasi
Pernahkah kamu mendengar istilah hukum karma? Meskipun itu adalah sebuah ungkapan atau istilah kuno, tapi hingga saat ini menurut saya masih bersifat mutlak. Ya, kamu akan memetik buah dari apa yang kamu tanam. Cobalah untuk bercermin dan mengoreksi diri. Apa yang menyebabkan kamu berada dalam kondisi saat ini. Setelah itu lakukan sebuah evaluasi untuk mendapatkan solusinya, dan buanglah jauh-jauh hal negatif yang akan membuat kamu terjatuh kembali ke dalamnya.

- Action
Impian tanpa tindakan rasanya sangat mustahil. So, segera bertindak. Berhenti untuk melihat ke belakang dan lakukanlah apa yang bisa dilakukan dengan ikhlas selagi itu positif. Tuhan akan memberikan sesuatu yang tidak pernah kita duga jika diawali dengan sebuah niat baik, apalagi jika itu adalah sebuah usaha untuk merubah nasib hambaNya sendiri.
Refrensi :

0 komentar:

Poskan Komentar