Jumat, 26 April 2013

Tinjauan Umum Pandangan Dunia Teknologi Komunikasi didalam Kehidupan Sosial


Pengertian dari teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya.
Yang mendasari sesuatu hal dapat digolongkan kedalam
teknologi komunikasi adalah :
1. Teknologi komunikasi dapat di implementasikan dalam suatu alat
2. Teknologi komunikasi dilahirkan oleh sebuah struktur sosial,ekonomi dan politik
3. Teknologi komunikasi membawa nilai yang berasal dari struktur ekonomi , sosial dan politik tertentu
4. Teknologi komunikasi meningkatkan kemampuan indera manusia terutama kemampuan mendengar dan melihat.

Dalam zaman saat ini, perkembangan teknologi sudah tidak aneh lagi di Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga manula pun merasakan dan menggunakan perkembangan teknologi saat ini.

Dari perkembangan teknologi saat ini, terdapat beberapa hal positif yang mendukung perkembangan teknologi saat ini. diantaranya dengan adanya teknologi yang semakin canggih, pekerjaan manusia semakin mudah terbantu, membuat jarak yang jauh bisa terasa dekat dengan adanya teknologi, serta dengan perkembangan teknologi saat ini kita dapat menambah teman baru, atau mencari teman-teman lama yang sudah jarang bertemu, dan masih banyak lagi keuntungan yang dapat ditimbulkan dari perkembangan teknologi ini.

Disamping keuntungan yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi saat ini, maka terdapat juga kerugian atau hal negatif yang di timbulkan dari perkembangan teknologi saat ini, diantaranya : mudahnya oknum-oknum jahat untuk melakukan pembajakan atau plagiat, terdapatnya penipuan melalui situs internet, dan yang terakhir kita ketahui yaitu telah terjadinya penculikan melalui jejaring sosial, serta masih banyak lagi hal-hal negatif yang ditimbulkan.

Dalam perkembangan teknologi saat ini, saya mengambil salah satu contoh perkembangan teknologi dalam dunia sosial seperti Facebook dan Twitter.
Seperti yang kita ketahui, remaja-remaja pada saat ini mayoritas mempunyai akun facebook dan twitter, merekan dengan mudahnya menggunakan media sosial ini dalam berbagai hal. contohnya seperti saling berbagi tugas, dengan cara mengupload atau memposting. bahkan dalam kehidupan pribadi pun jejaring sosial ini digunakan sebagian remaja untuk lebih mengekspresikan dirinya di dunia maya. terlebih untuk mereka yang lebih menutup diri atau pemalu dengan orang lain, terkadang melalui jejaring sosial inilah mereka lebih berani untuk berinteraksi dengan orang lain. Perkembangan teknologi melalui jejaring sosial ini juga sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya mereka setiap hari selalu memposting atau bertukar informasi di jejaring sosial ini.

Untuk menghindari hal-hal negatif dalam perkembangan teknologi informasi saat ini sebaiknya kita membatasi penggunaan teknologi komunikasi, karena kita bisa menjadi seorang yang anti sosial dan individualis. Maka sebaiknya kita menggunakan teknologi komunikasi untuk seperlunya saja. Dan disisi lain peran orang tua juga sangat di perlukan untuk mengawasi anak-anaknya. Gunakanlah teknologi informasi dengan baik untuk hal yang bermanfaat dan bijak untuk para penggunanya.

sumber: http://opr3kkomd4.wordpress.com/2010/03/03/pengertian-teknologi-komunikasi/

0 komentar:

Posting Komentar