Kamis, 04 Oktober 2012


Nama : Rahmad Santoso
Kelas : 2 Ka 43
Npm  : 15111768
DAMPAK KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI

1.     Dampak positif dari kemajuan teknologi
Saat ini merupakan era teknologi zaman yang canggih dibandingkan zaman-zaman sebelumnya dimana pada saat ini manusia dihadapkan dengan dunia teknologi. Apakah yang dimaksud dengan teknologi ?  Pengertian Teknologi sebenarnya berasal dari kata Bahasa Perancis yaitu “La Teknique“ yang dapat diartikan dengan ”Semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional”. Dalam hal ini yang dimaksudkan dengan sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau konsep, pembatasan cara yaitu secara rasional adalah penting sekali dipahami disini sedemikian pembuatan atau pewujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan secara berulang (repetisi).
Kemajuan teknologi pada saat ini telah mengalami kemajuan yang begitu pesat sehingga hampir setiap bulan dan setiap tahun puluhan bahkan ribuan teknologi baru berdatangan sehingga dapat mengubah pola tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-harinya.
Teknologi yang secara umum dapat sering terlihat pada saat ini yaitu perangkat komputer dan perangkat alat komunikasi dalam genggaman atau yang pada saat ini sering kita sebut dengan telpon selular atau handphone, Banyak perangkat-perangat tersebut berdatangan secara pesat dari model-model yang lama hingga model-model terbaru pada saat ini dan dapat kita lihat jika, anda duduk di halte-halte bus diantara orang-orang disamping anda pasti mempunyai handphone genggam dan mereka sering melakukan komunikasi dengan cara yang mudah.
Selain pada perangkat-perangkat tersebut pada saat ini kita telah menjajaki dunia cyber atau dunia telekomunikasi antar negara melalui dunia maya atau yang kita sering sebut sebagai dengan internet (inter connection) dengan internet seseorang dapat berkomunikasi dengan media jaringan yang terhubung ke seluruh dunia ,dengan internet kita dapat mencari banyak informasi-informasi baik dalam segi ilmu pengetahuan teknologi,ilmiah dan lain sebagainya, pada dunia internet saat ini anak muda identik dengan yang dinamakan situs-situs jejaring sosial yang sangat populer pada zaman ini situs jejaring sosial adalah perkumpulan setiap orang untuk mendapatkan media komunikasi, bisa dikatakan salah satu situs seperti berikut www.facebook.com facebook merupakan sebuah situs yang sudah tidak asing dikalangan remaja situs web yang sangat populer pada tahun 2009 hingga sekarang ini membuat kalangan remaja dan juga meliputi kalangan anak-anak mempunyai akun situs jejaring sosial tersebut.
2.     Dampak Negatif dari kemajuan teknologi
Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi pun juga semakin berkembang. Banyak sekali kita rasakan pengaruh kemajuan teknologi, terutama pada gadget. Teknologi yang kian berkembang seringkali membantu kita dalam kehidupan kita sehari-hari. Itulah manfaat dari perkembangan teknologi.
Namun, ada sisi negatif dari perkembangan teknologi, misalnya membuat kita jadi terhipnotis dan cenderung lebih menyukai dunia maya serta melupakan dunia nyata. Kini ada orang yang mendapatkan kekasihnya melalui internet, khususnya lewat jejaring sosial. Sayangnya, hubungan tersebut, seringkali kurang harmonis dibandingkan dengan cara tradisional, yaitu pertemuan nyata.
Sekarang, mulai dari balita sudah akrab dengan teknologi, misalnya dengan permainan dalam Laptop. Mereka lambat laun lebih tertarik dengan teknologi dan jika kurang diperhatikan, maka mereka cenderung hidup dengan gadget tersebut. Hingga kasih sayang orangtua kepadanya kurang terasa.
Tak hanya itu, dampak negative juga sering saya liat dari para pengguna smartphone dan BlackBerry. Kedua gadget tersebut menjadi gadget yang paling banyak saya temukan di lingkungan sekitar saya, mulai dari anak-anak hingga dewasa, kebanyakan telah menggunakan BlackBerry yang terkenal karena fitur BlackBerry Messengger (BBM).
Oleh karena itu, manfaatkanlah teknologi sebaik mungkin. Jangan sampai teknologi  mempengaruhi kehidupan sosial kita. Teknologi dibuat untuk mempermudah dan melayani kita untuk kegiatan kita di dunia nyata, bukannya membuat kita menjadi lebih hidup dalam dunia maya.

0 komentar:

Posting Komentar