Rabu, 09 Januari 2013

Ubuntu Sambangi Galaxy Nexus Februari

Rachmatunisa - detikinet


Amerika Serikat - Awal tahun 2013, Canonical, perusahaan di balik distribusi Ubuntu secara resmi memperkenalkan sistem operasi Ubuntu untuk smartphone. Februari, Ubuntu mobile segera menyambangi Galaxy Nexus.

Tentu saja, pengumuman ini memancing rasa penasaran yang besar. Diklaim Canonical, dengan dibenamkannya Ubuntu mobile di Galaxy Nexus, akan mengubah fungsi smartphone tersebut menjadi full PC.

Alan Pope, Engineering Manager Canonical seperti dikutip detikINET dari TechRadar, Rabu (9/1/2013) menyebutkan, timnya berencana meluncurkan image yang bisa didownload untuk Ubuntu di Galaxy Nexus.

Canonical telah membangun OS mobile baru tersebut untuk menggunakan driver dan kernel milik Android. Alhasil, perangkat Android bisa menjalankan Ubuntu. Sejauh ini, Canonical masih mengujinya.

Sayangnya, Ubuntu di Galaxy Nexus kemungkinan tidak memiliki fitur komplit. Sejumlah fitur seperti voice control dan app store kabarnya masih belum akan disertakan. Fitur lainnya akan dihadirkan, namun tidak dibenamkan secara penuh.

Ubuntu untuk Galaxy Nexus ini mungkin akan berisiko jika diinstal pengguna. Namun untuk tahap awal, tujuan Canonical memang ingin memancing para developer untuk mencicipi dan ikut menguji OS yang masih versi beta ini.



( rns / ash )
referensi :

  http://m.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar