Jumat, 26 April 2013

Teknologi Wimax

WiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX di antara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps).Nama WiMAX sendiri diperkenalkan pada juni 2001 oleh forum WiMAX.

WiMAX menggunakan standard wireless network  IEEE 802.16 yang sekarang menjadi brand Fixed WiMAX. WiMAX ini digunakan pada teknologi broadband, cellular backhoule, hotspot dan lain-lain. WiMAX mirip dengan WiFi, hanya saja WiMAX ini bisa dipergunakan untuk jarak transmit dan receive yang lebih jauh jangkauannya.


 
WiMAX dirancang untuk menggantikan teknologi celluar GSM dan CDMA deng keunggulannya di 4G. WiMAX mendukung layanan triple-playseperti  QoS dan Multicasting.

Contoh WiMAX yang digunakan pada Access Point disebut dengan WiMAX MIMO yang menggunakan standar teknologi wireless IEEE 802.16 jadi ketika kita mengaktifkan WiMAX pada Access Point kita, tsinyalnya tidak akan bisa terkoneksi dengan perangkat laptop kita yang menggunakann teknologi IEEE 802.11. MIMO (Multiple Input Multtiple Output) sendiri merupakan teknologi wireless yang ditandai dengan adanya dua antena atau lebih.



 ada juga yang lebih mantap seperti ini
 .

0 komentar:

Posting Komentar