PELAYANAN SISTEM TELEMATIKA
OLEH
NAMA : RAHMAD SANTOSO
NPM
: 15111768
KELAS
: 4 KA 43
S I S T E M I N F O R M A S I
U N I V E R S I T A S G U N A D A R M A
2014
Layanan Pada Sistem Telematika
Layanan
Telematika merupakan layanan dial up ke internet maupun ke semua jenis jaringan
yang didasarkan pada system telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet
sendiri merupakan salah satu contoh telematika. Dari berbagai sumber yang saya
baca jenis-jenis layanan telematika itu dibagi menjadi:
1.Layanan Telematika di
Bidang Informasi
2.Layanan Telematika di bidang Keamanan
3.Layanan Context Aware dan Event-Based
4.Layanan Perbaikan Sumber
1. Layanan Telematika di Bidang Informasi
2.Layanan Telematika di bidang Keamanan
3.Layanan Context Aware dan Event-Based
4.Layanan Perbaikan Sumber
1. Layanan Telematika di Bidang Informasi
Penggunaan telematika dan aliran
informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,
termasuk pemberantasan kemiksinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas
hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga harus diarahkan untuk
menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di
kalangan masyarakat. Wartel dan Warnet memainkan peranan penting dalam
masyarakat. Warung Telekomunikasi dan Warung Internet ini secara berkelanjutan
memperluas jangkauan pelayanan telepon dan internet, baik di daerah kota maupun
di desa, bagi pelanggan yang tidak memiliki akses sendiri di tempat tinggal
atau di tempat kerjanya. Oleh karena itu langkah-langkah lebih lanjut untuk
mendorong pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pelayanan publik,
memperluas pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengembangkan sentra - sentra
pelayanan masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta menyediakan layanan
“e-commerce” bagi usaha kecil dan menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian
akan terbentukbalai-balaiinformasi.
Contohnya: :
Weather, stock information
Contohnya: :
Weather, stock information
Kelebihan :
-Mudahnya
informasi yang didapatkan menggunakan layanan telematika
-Segala informasi mempunyai hak akses
yang cepat dan mudah diakses dimana saja dan kapan saja.
Kekurangan :
-Segala
informasi yang di dapatkan belum tentu mempunyai keakuratan fakta yang sesuai
dengan kenyataan.
-Mudahnya pelagiat informasi dan
memanipulasikan informasi oleh pihak yang tidak betanggung jawab.
2.Layanan
Telematika di bidang Keamanan
Layanan telematika yang kedua adalah
layanan keamanan. Layanan ini menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan
informasi bila ada sesuatuyangberjalantidakseharusnya.
Contohnya :
Emergency rescue with 911
Contohnya :
Emergency rescue with 911
Keuntungan
-Secara
cepat menanggapi permintaan layanan masyarakat dalam hal kemanan.
-Fasilitas
yang disediakan sebagian besar adalah jasa pertolongan.
Kekurangan
-Terjadinya
collision komunikasi data yang menyebabkan terganggunya dan keterlambatan
penanganan keamanan.
-Jarak
jangkauan lokasi yang dituju jauh dari jangkauan.
3. Layanan
Context Aware dan Event-Based
Dalam ilmu komputer dinyatakan bahwa
perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat bereaksi terhadap lingkungan
sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu yang tersimpan di
dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994
dengan istilah context-awareness. Context-awareness adalah kemampuan layanan
network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang
relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan
layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat
digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user,
jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh, ketika
seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang
dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan
akan menolakseluruhpanggilan.
Contohnya :
Vehicle Diagnostic Service
Contohnya :
Vehicle Diagnostic Service
Keuntungan:
- Keadaan
user dapat dimengerti oleh perangkat gadget tentang status yang sedang
dilakukan oleh user
- Beberapa
data lokasi user secara komunikasi antar jaringan dapat diketahui dengan baik.
Kerugian:
- dalam hal tertentu user dapat
memanipulasikan hal yang terjadi pada kejadian keseharianya.
- hal yang terjadi pada aktifitas user
dapat mudah diketahui oleh pengguna komunikasi lainya
4. Layanan
Perbaikan Sumber
Layanan
perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya
manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang
berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola,
pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha,
lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.
Contohnya:
Yellow pages service
Contohnya:
Yellow pages service
Keuntungan:
-
Mudahnya
perkembangan perbaikan sumber dengan menggunakan media telekomunikasi sehingga
menjadikan sistem perbaikan sumber lebih dipermudah.
- Hal-hal keseharian
produktifitas dengan menggunakan media telekomunikasi sehingga menjadikan penyampaian
informasi dapat sampai dengan cepat.
Kerugian:
-Banyaknya penipuan dikarnakan (SDM)
yang menjalani tidak mengetahui tentang teknologi komunikasi.
Referensi :
- http://aangpaduraksa.blogspot.com/2013/12/jenis-jenis-layanan-telematika.html
0 komentar:
Posting Komentar