Rabu, 22 Oktober 2014

Tugas 2 Softskill



PELAYANAN SISTEM TELEMATIKA









 

OLEH



 
                   NAMA        : RAHMAD SANTOSO
                   NPM           : 15111768
                   KELAS       : 4 KA 43








S I S T E M  I N F O R M A S I
U N I V E R S I T A S  G U N A D A R M A
2014





Layanan Pada Sistem Telematika
Layanan Telematika merupakan layanan dial up ke internet maupun ke semua jenis jaringan yang didasarkan pada system telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. Dari berbagai sumber yang saya baca jenis-jenis layanan telematika itu dibagi menjadi:
1.Layanan Telematika di Bidang Informasi
2.Layanan Telematika di bidang Keamanan
3.Layanan Context Aware dan Event-Based
4.Layanan Perbaikan Sumber
1. Layanan Telematika di Bidang Informasi
            Penggunaan telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat. Wartel dan Warnet memainkan peranan penting dalam masyarakat. Warung Telekomunikasi dan Warung Internet ini secara berkelanjutan memperluas jangkauan pelayanan telepon dan internet, baik di daerah kota maupun di desa, bagi pelanggan yang tidak memiliki akses sendiri di tempat tinggal atau di tempat kerjanya. Oleh karena itu langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengembangkan sentra - sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta menyediakan layanan “e-commerce” bagi usaha kecil dan menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentukbalai-balaiinformasi.
Contohnya: :
Weather, stock information 


Kelebihan :
-Mudahnya informasi yang didapatkan menggunakan layanan telematika
-Segala informasi mempunyai hak akses yang cepat dan mudah diakses dimana saja dan kapan saja.
Kekurangan :
-Segala informasi yang di dapatkan belum tentu mempunyai keakuratan fakta yang sesuai dengan kenyataan.
-Mudahnya pelagiat informasi dan memanipulasikan informasi oleh pihak yang tidak betanggung jawab.
2.Layanan Telematika di bidang Keamanan
            Layanan telematika yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan ini menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatuyangberjalantidakseharusnya.
Contohnya :
Emergency rescue with 911
Keuntungan
-Secara cepat menanggapi permintaan layanan masyarakat dalam hal kemanan.
-Fasilitas yang disediakan sebagian besar adalah jasa pertolongan.
Kekurangan
-Terjadinya collision komunikasi data yang menyebabkan terganggunya dan keterlambatan penanganan keamanan.
-Jarak jangkauan lokasi yang dituju jauh dari jangkauan.
3. Layanan Context Aware dan Event-Based
            Dalam ilmu komputer dinyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness. Context-awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh, ketika seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan                                           menolakseluruhpanggilan.
Contohnya :
Vehicle Diagnostic Service
Keuntungan:
-  Keadaan user dapat dimengerti oleh perangkat gadget tentang status yang sedang dilakukan oleh user
-  Beberapa data lokasi user secara komunikasi antar jaringan dapat diketahui dengan baik.
Kerugian:
- dalam hal tertentu user dapat memanipulasikan hal yang terjadi pada kejadian keseharianya.
- hal yang terjadi pada aktifitas user dapat mudah diketahui oleh pengguna komunikasi lainya
4. Layanan Perbaikan Sumber
            Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.
Contohnya:
Yellow pages service
Keuntungan:
- Mudahnya perkembangan perbaikan sumber dengan menggunakan media telekomunikasi sehingga menjadikan sistem perbaikan sumber lebih dipermudah.
- Hal-hal keseharian produktifitas dengan menggunakan media telekomunikasi sehingga menjadikan penyampaian informasi dapat sampai dengan cepat.
Kerugian:
-Banyaknya penipuan dikarnakan (SDM) yang menjalani tidak mengetahui tentang teknologi komunikasi.
Referensi :
-  http://aangpaduraksa.blogspot.com/2013/12/jenis-jenis-layanan-telematika.html




0 komentar:

Posting Komentar