Rabu, 16 Oktober 2013

BAHASA ALAT PEMERSATU


          Bahasa sebagai alat pemersatu merupakan bahasa yang kita pergunakan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai alat berkomunikasi, dan sebagai pemersatu dalam kesatuan bahasa yang berada di tanah air kita terutama negara Indonesia.
            Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak bahasa dikarnakan banyak budaya dan memiliki suku di wilayahnya masing-masing. Indonesia merupakan negara kepulauan dan banyak ragam bahasa yang tercipta di setiap daerah contoh seperti bahasa: jawa,sunda,padang dan lain-lainya yang masih banyak lagi.
                        Fungsi bahasa disini merupakan sebagai alat pemersatu dikarnakan agar manusia yang berbeda suku dan wilayah dapat saling berkomunikasi dengan mudah dan dapat memahami arti yang dibicarakan oleh setiap individu yang berbeda bahasa maka ditujukanlah bahasa Indonesia sebagai bahasa kesatuan yang wajib dimengerti oleh setiap individu di setiap wilayah kepulauan negara republik Indonesia.
Kebudayaan bangsa, ialah kebudayaan-kebudayaan lama dan asli yang terdapat sebagi puncak-puncak di daerah-daerah di seluruh Indonesia, sedangkan kebudayaan nasional sendiri dipahami sebagai kebudayaan angsa yang sudah berada pada posisi yang memiliki makna bagi seluruh bangsa Indonesia. Dalam kebudayaan nasional terdapat unsur pemersatu dari Banga Indonesia yang sudah sadar dan menglami persebaran secara nasional.

             Budaya Indonesia dapat menjadi pemersatu apabila kita memiliki rasa bangga terhadap budaya yang kita miliki.Sebagai contoh ,yaitu batik di Indonesia.Batik dapat menjadi alat pemersatu bangsa karena adanya kebanggan dari kita sebagai bangsa Indonesia menggunakan batik,yang merupakan hasil kebudayaan Indonesia .Bahkan kini presiden telah menghimbau kepada kalngan masyarakat untuk menggunakan batik pada hari jum’at sebagai tanda mencintai dan bangga akan budaya yang kita miliki ,menghindari klaim dari Negara-negara lain.Seperti Malaysia yang sempat mengklaim batik sebagai hasil dari budaya mereka dan secara langsung atau tidak menggunakan batik akan menciptakan rasa persatuan antar warga Negara.

        
     Kemudian contoh lainnya adalah bahasa Indonesia ,bahasa Indonesia adalah salah satu kebudayaan bangsa kita .Bahasa Daerah juga merupakan bahasa persatuan ,khususnya untuk masyarakat di daerah tersebut.Maka untuk mempersatukan seluruh wilayah Indonesia di buatlah Bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia.

                 Pastilah terpikir dalam benak anda ,mengapa budaya-budaya yang berbeda di setiap daerah dapat membuat persatuan.Gampang saja ,memang budaya suatu daerah pasti daerah yang memilikinyalah yang paling merasa bangga .Tapi budaya itu telah mampu berbicara di kancah Internasional tentulah Seluruh Indonesiia akan sama bangganya terhadap budaya itu.Selain itu dengan adanya beragam budaya maka merupakan sebuah aset untuk membuat persatuan dari berbagai daerah seperti pameran kebudayaan ataupun lomba kebudayaan tersebut.Selain dapat mempersatukan orang-orang dari seluruh wilayah di Indonesia .

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar